Senin, 19 Desember 2011

Surat terakhiku sebelum berangkat djln Allah

Hari ini aku pergi meninggalkanmu.....meninggalkan rumah kita yang penuh kenangan...hari aku pergi karena perintah Dzat yang telah menancapkan getaran dihatiku saat pertama kali kita bertemu.....hari aku pergi untuk menyenangkan hati seseorang yang telah mengorbankan seluruh hidupnya untuk kebahagiaan kita hari ini sehingga aku dan kamu bertemu dalam keadaan islam...... Hari ini aku pergi untuk menghapuskan luka Sayyidul Ambiyya Muhammad SAW karena lautan maksiat yang telah dibuat oleh orang yang mengaku ummatnya.Jadi....wahai istriku...!! aku pergi tinggalkan kamu untuk datang kepada Dzat yang memiliki hatii kamu dan aku hingga cinta bersemi diantara kita.....aku pergi tinggalkan kamu bukan berati aku tak menyayangimu...tetapi....ada mata yang tak pernah mengantuk yang mengawasi cinta kita.....ada tangan yang akan pukul kita jika cinta kita melebihi cinta kepada Nya...Jika esok ketika kau terbangun tak kau dapati aku disisimu maka....cepatlah bertahmid....Alhamdulillah mengapa...? bukankah Ummul Mu'minin Aisyah R.ha ketika merasa senang karena hidup bersama Rasulullah SAW kekasih Allah SWT maka Rasulullah SAW katakan : " bahwa orang yang paling bahagia adalah orang suaminya keluar di jalan Allah karena.....dia bukan hidup dengan kekasih Allah SWT tetapi dia hidup bersama Allah SWT. Jika esok....ketika melihat kamar kita sepi tak ada canda ceria ....bayangkan olehmu rumah-rumah sahabiyah.....!! suami mereka selalu pergi membawa pedang terkadang tak ada kabar yang ada hanya kubur....tetapi mereka tetap katakan...: biarlah rumah-rumah kami sepi asalkan rumah-rumah diseluruh alam penuh dengan nur iman.... Jika esok tak ada tangan yang memberimu suapan seperti yang biasa aku lakukan padamu.....yakinlah wahai istriku...!! Allah SWT akan beri suapan kepadamu hidangan yang memiliki 70 rasa di Jannah yag tak akan jadi kotoran yang menjijikan.Jika esok ....musibah, dan sejuta cobaan datang kepadamu lihatlah kepada hatimu...!! kemana engkau berlari....Saat itu Allah ingin melihat Iman kamu yang hari-hari bergantung kepadaku....segeralah kamu berwudhu...dan dirikan sholat...!! adukan segala urusanmu kepada Robb mu kau akan bahagia didunia yang sementara dan akhirat yang selama-lamanya......jika saat itu kamu cari pertolongan dengan kebendaan itulah kegagalan kamu dalam hidup kamu akan menderita selama-lamanya. ketahuilah masalah selesai atau tidak itu bukan maksud tetapi Ta'aluq hatimu kepada Allah SWT itu adalah suatu kejayaan yang besar....Istriku....!! jangan tipu Allah SWT dengan kau meminta .....iyya ka na bu'du wa iyya ka nasta'in sementara kau meyakini bahwa kejayaan dalam mengumpulkan benda-benda.Janganlah kau terpengaruh dengan keadaan dunia karena Allah SWT beri dunia ini kepada orang yang di cintai dan juga kepada orang yang di benci, didalam kesenangannya ada kesusahan.....kesudahan dari penderitaanya adalah kebahagiaan sehingga senang atau susah kamu tetaplah menaati Allah SWT. Jangan kamu bangga seandainya kamu dapatkan seluruh dunia tetapi kamu kehilangan Allah SWT itu adalah kerugian yg besar,....!!! karena sekalipun kamu dapat menjaring Jibril a.s dengan jaring yang kamu buat dan bisa kamu perintah sesuai kehendak hatimu itupun bukan suatu kejayaan......jika hari-harimu kehilangan Allah SWT karena orang yang kehilangan Allah SWT maka kehilangan segala-galanya. Jika esok kau pandang rumah tetangga kita penuh dengan suara canda tawa terdengar dari sana......dan suami mereka selalu dirumah tak pernah khuruj fii sabilillah janganlah kamu iri....!!! kamu justru belas kasih kepada mereka.....karena mereka sedang membangun tangisan dan permusuhan yang hebat di rumah mereka.....ketahuilah...!!! bahwa setiap orang yang membangun rumah tangga hakekatnya adalah membangun tempat menangis dirumah mereka akan datang malaikat maut yang menjemput setiap nyawa tak ada belas kasih dan tak tangguh sedikitpun.....walau mereka katakan " Jangan ambil istriku.......jangan ambil anakku...saat itulah suami mereka akan menyesal lalu salahkan seluruh ahli keluarganya...Ya Allah ...!! karena kesibukan ku memenuhi hajat istri dan anakku aku lalai menjadi naib Nabi Mu, aku kini malu berjumpa dengan kekasih Mu aku tak gembirakan hati Sayyidul Mursalin.....aku lempar sunnah-sunnahnya dan aku asik makan , minum bersama istriku seperti hewan.....sementara hati Nabi Mu terkoyak-koyak....dan anak istri merekapun akan katakan :.." Mana tanggung jawabmu ...? kau tak pernah sirami hatiku dengan nur iman....kau tak isi buku catatan amalku....ketahuilah istriku....!! bahwa setiap amal suami adalah tabungan buat istrinya....bayangkan olehmu...!! bagaimana jika suami hanya pandai cari uang apakah buku amalmu akan bertambah....??Jadi.......Istriku...!! kepergianku melewati batas negri adalah untuk menyiapkan pesta-pesta yang besar untuk kita.....!! bagaimana menurut pendapatmu jika seorang ayah meruntuhkan rumahnya untuk diganti dengan rumah yang lebih besar.....yang lebih indah.....!! apakah istrinya marah.....?? tentu saja tidak...!! mereka akan semakin senang dan sayang kepada ayahnya.......Istriku........!!! terlihat aku hancurkan rumah tangga kita tetapi sebenarnya aku sedang membangun rumah bahkan istana yang besar yang terbuat dari lempengan emas yang tembus pandang.......Ingatlah...!! bahwa kenikmatan dunia ini tak seutuhnya ...lihatlah ketika kau makan buah akan terganggu denggan bijinya dan ketika kau berjalan di taman ada kerikil yang menusuk......ahli dunia akan gelisah bahkan tak bisa tidur dengan nyenyak.......akupun demikian .....aku tak akan bisa tenang karena belum bisa sempurnakan iman kamu dan anak-anak......aku takut suatu hari nanti bumi di belah dan isi dada di keluarkan sedang Allah SWT berfirman ...." Iman kamu tertolak....!! walaupun kita berhaji....dan berjuta kebaikan kita buat tetapi Allah SWT akan murka karena telah di syari'atkan....Lihatlah oleh kamu apakah....? pemilik toko akan rela apabila dipagi hari ketika akan buka...sedang tokonya diduduki oleh orang lain....!! dan seekor ayam tak akan masuk kandang jika didalam kandang itu ada seekor musang....!!! Dan Allah tak inginkan di hati hambaNya ada najis dunia yang mengotori......Ketahuilah....!!! Dunia ini bangkai dan yang mengejarnya adalah anjing.....!!! Itulah sebabya aku harus pergi......di jalan Allah SWT untuk membuang segala kecintaan dunia......mudah-mudahan Allah SWT akan mencintai kita dan kan memudahkan perjalanan kita pada saat terakhir kita di dunia. Ketahuilah...!!! bahwa kematian adalah hari raya bagi orang yang memiliki Iman Kamil sedang bagi orang kafir kematian adalah puasa selama-lamanya.......Aku tinggalkan kamu untuk merubah kesedihan dalam kematian menjadi hari raya yang terindah sebagaimana kekasih Allah SWT yang telah sukses melewatinya. Ingatlah....!!! maut adalah kendaraan setiap insan menuju kepada Allah SWT pada saat itu mesin yang di butuhkan bukanlah harta atau kerajaan tetapi Iman dan amal sholeh, sedangkan jalan untuk mencapai kesempurnaan iman adalah dengan korbankan harta dan diri di jalan Allah SWT.....Percayalah...!!! walaupun aku yang maju dihadapan musuh....tetapi kamu yang terlebih dahulu di bukakan pintu syurga oleh Ridwan a.s, kamu akan menunggu ku 500 tahun berhias di depan cermin emas dan kamu akan menjadi ratu dari 70.000 bidadari dan malaikat.....tahukah kamu....!! bahwa kecantikan bidadari 70.000 kali cantiknya wanita tercantik di dunia.....??? sedangkan engkau Wahai istriku....!!! kecantikanmu 70 kali dari bidadari.....jadi bagaimana...??? aku akan terkesan dengan selainmu......!! Itulah sebabnya kamu jangan tertipu dengan wanita dunia......apapun yang mereka buat tak ada harganya di sisi Allah SWT....jika Iman tak ada di hati......Syech Malik bin Dinar katakan :...." nilai seorang wanita tercantik di dunia tak lebih daripada 2 butir kurma saja.....!!!! mereka akan mengeluarkan bau yang tak sedap apabila tidak mandi.....Maafkan aku yang tak pernah membawamu pergi kesalon dunia karena aku tak ditipu oleh mereka baju yang kamu pakaipun dari bahan yang murah dan hanya berwarna hitam menutup wajah manismu.....ketahuilah baju itu lebih baik daripada seluruh dunia dan seisinya karena itu adalah pakaian istri raja dunia akhirat yaitu Ummul Mu'minin Istri Rasulullah SAW.....jangan terpesona ...!!! dengan perhiasan dunia ....gelang yg mereka pakai akan dipanaskan dan di tempelkan dipunggung mereka.....gincu yg mereka pakai akan menarik mulut mereka sampai keperut......rambut yang disasak akan digantung menjadi ikatan sedang dibawahnya dinyalakan api yang membara.....!!!Tahukah engkau......!!! wahai istriku bahwa satu helai rambut wanita yg tampak akan disiksa seratus tahun di dalam neraka....!!! hari itu tak ada lagi siulan yang mengagumi, tak mata yg berani menatap bahkan tak ada yg berani mengaku mengenalnya...mereke teriak.....!!! ohhh alangkah baiknya jika dahulu aku berhijab.....aku telah terfitnah.....dan aku menyebar fitnah.....ku tampakan betisku di toko-toko kurias wajahku di kantor-kantor, ku perdengarkan suaraku di khalayak ramai, ku pandang setiap mata laki-laki yang berbicara kepadaku, ku biarkan selain suamiku mencium bau parfumku......Yaa Allah......!!! maafkan aku....saat itu mereka teriak lapar.........!!! maka diberi makan dari buah Zaqqum yaitu buah yang berduri sebesar kepala setan kemudian ditelankan ...dipaksa sehingga tersangkut dileher, kemudian mereka teriak hausssss.......!!! maka di beri minimuan dari gizzlin yaitu cairan nanah dan darah yang sangat panas sehingga saking hausnya lansung meneguknya maka bukan hanya zaqqum yg turun ke perut tetapi seluruh isi perut akan terburai melalui anus.......Istriku.......jika kamu terus istiqomah menggunakan purdah didunia maka Allah SWT akan menjemputmu untuk hadir di pesta-pesta para Nabi-Nabi. Dan puncak kebahagiaan seluruh penghuni jannah ketika melihat wajah ALLah SWT dan mendengar Allah SWT membaca firmanNya.....surat At Rahman.....itulah sebabnya aku nasehati kamu.....agar kamu tundukan pandangan karena mata yg tak di jaga dan di gunakan untuk maksiat maka di kubur adalah yg pertama kali akan di hajar oleh Syuja'ul Aqro dan di mahsyar bangkit dalam keadaan buta dan jagalah mulutmu dari ghibah karena busuknya ghibah akan mengotori seluruh samudra, janganlah berdusta....karena kamu bagaikan membungkus racun dengan gula-gula...manis ketika berdusta tetapi ...kamu akan di benci seluruh manusia dan satu kali berdusta malaikat akan berlari 100 mil darimu jangan tertipu dengan pesta dunia karena pesta dunia akan berkahir dengan kelellahan dan kemarahan .....Lihatlah......!! dimanakah rumah yg dulu berpesta...? kemanakah wanita-wanita yg dahulu bernyanyi....???? semuanya tinggal puing-puing dan desiran angin......Istriku tetaplah kamu selalu bertawakal kepada Allah SWT walaupun langit dan bumi dihimpitkan...janganlah kamu mencari jalan yang haram karena Allah SWT tetap memberi jalan keluarmu yg halal walaupun hanya setitik celah.....tetaplah kamu dirumah maka Allah SWT akan memelihara kamu sebagaimana memelihara seorang bayi..... Banyak wanita memiliki alasan klasik.....untuk tinggalkan "benteng tarbiyat" yakni rumahnya sehingga agama menjadi lemah mereka katakan : aku terjepit masalah ekonomi, anakku butuh biaya sekolah, penghasilan suamiku tak mencukupi dll....sehingga membenarkan hukum yg menjadikan mereka berada di etalase kaca milik orang-orang kafir....Ketahuilah olehmu......!!! itu semua terjadi karena kelemahan iman mereka, mereka punya ,masalah dengan Allah SWT sehingga Allah SWT hadirkan masalah dalam hidup mereka dan asbab keluarnya mereka dari rumah....Jangan kau sia-sikan umurmu.....masa luangmu.....kajilah Sunnah-sunnah Nabimu dan berusahalah agar hidupmu sebagaimana sahabiyah....jadikan siang dan malam mereka sebagai siang dan malammu sehingga keridhoan Allah SWT datang kepadamu sebagaimana telah datang kepada mereka.Jangan kau tambah ilmu kamu tentang keduniaan yg menyebabkan kamu mencintainya.. Aku bangga apabila ada orang bertanya kepadamu...? dimanakah tempat belanja yg terhebat.....? sedangkan kamu mengatakan tak tahu...!!!!ketahuilah bahwa para sahabiyah mereka tak hafal jalan-jalan di kampung mereka sendiri tetapi mereka hafal jala-jalan menuju syurga itulah sebabnya mereka telah hantarkan suami mereka dan anak-anak mereka ke syurga dengan jalan pintas.Istriku, walau kaum hawa lemah tapi teriakan mereka mampu mengubah dunia.....berapa banyak orang masuk penjara dunia karena wanita berteriak : Suamiku aku ingin rumah yg besar......aku ingin baju yg mahal......aku ingin makan yg enak.....aku ingin....aku ingin.......Dll.sehingga lelaki telah kehilangan akal sehatnya berbuat kejahatan....!! berapa banyak laki-laki terjerumus dalam Lam-lam dan Ghoya suatu lembah di neraka....!!! Istriku......!! hiduplah dengan sederhana karena kesederhanaan adalah pupuk dari agama dan agama akan subur dengan kesederhanaan dan Allah SWT akan menolong HambaNya yg ada dalam kesederhanaan jika rumah kamu begitu banyak barang yg kau beli maka kamu akan sibuk mengurus dan membersihkannya tetapi kamu lupa bersihkan hati, hidupkan ta'lim sehingga hadirkan malaikat yg akan buat suasana ketaatan dan akan menularkan sifatnya kepada anak-anak kita.......Ketahuilah...!!! bahwa kehidupan ini pada hakekatnya ruh bukan jasad.....saat kematian tiba kenapa kita menangis....??? padahal jasad masih ada dihadapan kita karena hakekat kehidupan yaitu ruh telah pergi.......ruh ibarat penunggang sedangkan jasad adalah kudanya. Jika ta'lim ta kamu buat sedang jasad makan sehari 3 kali bagaimana ruh kamu bisa kendalikan jasadmu....?????Aku pernah datangi suatu negri di musim panas dan aku coba untuk berjalan tanpa alas kaki rasa panas begitu menusuk sampai ke sendi......aku membayangkan suatu masa di padang mahsyar dimana bumi yg baru dari tembaga yg mendidih akan di bentangkan setiap yg membawa harta akan berdiri disana seluruh tubuh tenggelam dalam peluh.....tak mungkin aku tega melihat kamu....ada dalam barisan itu hanya karena benda-benda dunia yg nikmatnya sesaat.....Ketahuilah bahwa ....ketika seorang bercita -cita kaya raya maka ia telah daftarkan dirinya untuk antri dalam barisan itu untuk di hisab yg panjang......yakinlah bahwa Allah SWT tak letakan.....kemuliaan dalam harta sebagaimana Qarun ata dalam kekuasaan sebagaimana Fir'aun, kaum Madyan ahli dalam perdagangan , kauh nuh yg begitu yakin dengan aktsariyat, kehebatan pertanian kaum saba, tekhnologi yg dimiliki kaum tsamud, kekuatan tubuh yg dimiliki sebagaimana kaum Ad tetapi Allah telah hinakan mereka dan hancurkan mereka karena tak ada Iman dan Amal sholeh......Istriku ,.......bacalah Al qur'an sebagaimana seorang murid membacanya di depan gurunya......dan kamu harus hadirkan seolah-olah kamu membacanya didepan Allah SWT karena setiap huruf yg kamu baca akan dilipatkan pahalanya 10 kebaikan dan jika kamu amalkan apa yg kamu baca ......di hari kiamat nanti maka kedua orang tua mu akan dipakaikan mahkota yg terangnya melebihi sinar matahari....jangan kamu lupa berzikir......setiap nafas yg keluar dari hidung sertailah nama Allah SWT. Istriku.....jangan berhajat kepada harta orang lain karena hidup ini tak di pengaruhi benda. Benda tak pengaruhi keadaan dan keadaan tak pengaruhi benda tetapi benda dan keadaan di pengaruhi oleh amal kamu, kedatangan harta ke dalam rumah tidak identik dengan datangnya rahmat ke rumah kita.....karena rahmat datang bukan dengan harta tetapi dengan amalan......Sekali lagi wahai istriku....!!! aku ingatkan kamu......jangan dengar omongan orang atau saran mereka untuk selesaikan suatu persoalanmu tetapi langsunglah kamu berdiri dua rokaat untuk minta bantuan kepada Allah SWT .Mungkin banyak orang berkata...: sampai kapan suamimu selalu pergi tinggalkan kamu khuruj fii sabilillah...????Ketahuilah bahwa menjaga iman seperti menjaga sawah dari rumput setiap hari harus di bersihkan ...sampai kapan...???? yakni sampai panen.....jadi aku terus usaha sampai di petik ruh kita oleh Izrail A.s Banyak orang cibir kita bahkan ada mufti bagi fatwa bahwa meninggalkan anak istri untuk khuruj fii sabilillah adalah haram...... ketahuilah bahwa mufti pertama dalam sejarah ummat ini adalah Abu Bakar Siddiq R.a beliau telah habiskan semua hartanya untuk Allah SWT dan Rasul Nya dan beliau telah perintah semua laki-laki tinggalkan madinah sehingga 3 hari di Madinah tidak Adzan ....jalan kehidupan ini hanya dua saja .....yaitu jalan nafsu atau jalan ittiba'....jalan nafsu adalah hewaniat lihatlah olehmu seekor kerbau.....!!! dia asyik makan sementara kawannya disembelih.....sedang jalan ittiba' hanya satu...Katakan (wahai Muhammad SAW ) bahwa inilah jalan ku menyeru manusia kepada Allah SWT atas bashiroh, aku dan semua orang yg mengikutiku.....( Yusuf 108)seprti kita hendak pergi ke suatu kota.....kita hafal perjalanannya dari tanda-tanda yg ada berapa sungai, berapa tikungan,berapa jembatan yg kita lalui....???? kalau sekiranya jalan yg kita tempuh tak sesuai dengan tanda yg kita tahu apakah kita akan sampai ...????? tentu saja tidak bahkan kita akan tersesat...!!! Istriku banyak orang merasa di jalan kebenaran mengaku cinta Nabi SAW tetapi mereka tak merasakan penderitaan Nabinya, mereka duduk dirumah ,sholat pergi ke kantor, ke toko mengaku sudah berada di jalan Nabinya sementara Nabinya berjalan dibawah terik matahari untuk jumpa manusia...dicaci, di pukul, hingga keluar darah dari tubuhnya ....itulah sebabnya Nabi SAW menjanjikan kepada ummatnya : " barang siapa yg menolong aku dan membantuku hingga tersampainya risalah Tuhanku maka baginya Syurga..." Seluruh sahabat telah ambil takaza ini merekapun tinggalkan rumah mereka,,,....akupun telah habiskan uang kita untuk perkara ini dan pulang tak bawa hadiah tetapi aku pulang membawa pakaianku yg penuh dengan debu fii sabilillah sentuhlah olehmu.....karena debu yg menempel di jalan Allah SWT akan jadi tameng asap api neraka.....Wahai istriku.....!!! jika kamu lihat aku tak pergi dari rumah disaat nisob dan tak sempurnakan takaza ummat maka itu berati aku tak mencintaimu lagi...kenapa...??? perkawinan kita hanya di dunia Allah akan pisahkan kita di akhirat sebab aku telah jadikan kamu sebagai penghalang usaha dakwah......Tidak...!!!!!! ini tak boleh terjadi kamu harus beri semangat kepada aku....siapkan tas dan tarik tangan ku ke depan pintu...lalu kunci pintu itu agar aku tak masuk lagi....Katakan kepadaku........." Pergilah suamiku...persiapkan pesta-pesta yg besar untuk kita..." dan katakan pula padaku..: Aku ingin dipan-dipan dari emas, Aku ingin minum khamar yg tak memabukan, Aku ingin minum susu, madu dari sungai yg mengalir didepan rumah kita, Aku ingin naik kuda yg bersayap, Aku bosan dengan asap dapur kita, Aku ingin pelayan yg tak minta upah, Aku ingat ketika waktu kamu hamil wahai istriku......!!! kamu minta buah yg tak ada musimnya , aku mencarinya ke seluruh pelosok kota karena aku menyayangimu......perkawinan dunia adalah permainan cintanya pun cinta main-mainan cinta yg sesungguhnya tak ada penghianatan, tak pernah puji orang lain, suami istri saling mengagumi, tak pernah bandingkan dengan orang lain.....dan itu semua hanya ada di syurga Na'im................Sebelum aku akhiri suratku aku ingin beri pujian untuk pengorbananmu yg telah mengikhlaskan ku untuk pergi fii sabilillah......tetapi aku tak pandai bersyair tak seperti ahli dunia namun, aku hanya bisa mengatakan :Aku mengagumimu matamu yg memerah saat kamu menangis meminta hidayah.....Aku mencintaimu pipimu yg merekah saat kamu melayaniku dengan menyiapkan secangkir kopi disaat aku lelah. Aku takjub dengan hidungmu yg mengeluarkan isak tangis saat kamu bertobat atas masa lalu kita. Aku mencintai belaian tanganmu saat kau mengusap kepala anak kita yg berbuat salah. Aku menikmati indahnya senyumanmu saat kau menghibur anak kita yg menangis. Aku bahagia melihat payudara mu saat ditempelkan kebibir anak kita sementara tubuh mu masih terbalut hijab dan lisanmu melafazkan Al Qur'an. Aku bersyukur Allah SWT menjodohkan aku dengan kamu......aku tau banyak lelaki berhajat kepadamu....untuk itu aku tak akan sia-siakan kamu aku akan menjagamu dari musibah dunia dan akhirat.....Istriku........aku mencintaimu tapi aku tak selalu ada bersamamu , aku sering tinggalkan kamu.......maafkan aku.....!!!Hanya aku berharap mencium harum nafasmu di dalam syurga tak ada lagi perpisahan......memelukmu takkan lagi kulepaskan.....Yaa....Allah anugrahkan kami ......rahmati kami...... gembirakan istriku walau dalam kesunyian dengan ada asbab ataupun tidak, bersihkan hati istriku...dari kecintaan dunia .....agar mudah melafazkan nama Mu saat terakhir kehidupan dunianya.....perpisahan kami......dalam memperjuangkan agama Mu jadikan asbab berkumpulnya kami dalam keluarga yg sebenarnya di jannah....jadikan kesedihan kami, kerinduan kami asbab Engkau ampuni kesalahan kami.......jadikanlah.....asbab pengorbanan kami Engkau ridho kepada kami dan jadi asbab hidayah buat seluruh alam
........amin....amin......amin............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar